background

Detail Artikel

Investasi Properti? Ini dia Keuntungan dari Investasi Properti

Pertanyaan tersebut pasti akan anda pertanyakan ketika mendengar mengenai investasi properti. Investasi properti merupakan investasi yang sangat populer saat ini, keuntungan yang akan didapatkan dalam berinvestasi sangatlah menjanjikan di masa mendatang, selain harga properti yang semakin naik adapun manfaat lain dari berinvestasi Properti. 

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai investasi properti, mari mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan investasi. Mari simak penjelasan berikut ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Dengan berinvestasi harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Secara umum investasi dapat diartikan sebagai meluangkan/memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan/manfaat pada masa datang. Jadi, investasi merupakan membeli sesuatu yang diharapkan di masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula.

Investasi terutama untuk jangka panjang memang sangat penting, apalagi kondisi ekonomi saat ini tidak bisa kita prediksi dengan mudah. Jenis investasi pun semakin beragam, mulai dari investasi emas, saham, properti hingga barang-barang branded dengan nilai jual kembali yang menguntungkan.

Nah, setelah Anda mengetahui apa yang disebut dengan investasi, tak ada salahnya untuk berkenalan lebih jauh dengan investasi properti dan cara melakukannya.

Investasi properti adalah jenis investasi yang berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan real estate atau properti jenis apapun, untuk menghasilkan keuntungan atau profit. 

Meski pilihan investasi semakin banyak, tapi tetap saja investasi properti masih menjadi pilihan yang tetap digemari oleh banyak orang. Selain nilai jual properti tetap stabil dan kian naik setiap tahun, banyak juga yang beranggapan bahwa investasi properti cenderung lebih minim resiko dibanding jenis investasi lainnya.

Investasi properti bisa dibilang cukup tricky, meskipun nilainya tetap stabil dan memiliki resiko minim. Karena itu ada banyak orang termasuk para pemula, yang masih ragu untuk memulai investasi di bidang ini.

Investasi properti adalah pembelian properti real estate yang ditujukan untuk mendapatkan Return of Investment (ROI), baik itu melalui hasil sewa, penjualan kembali atau gabungan dari kedua faktor tersebut.

Propertinya itu sendiri dapat dimiliki oleh investor perorangan, investor dalam bentuk kelompok, atau sebuah korporasi.

Dilihat dari jangka waktu investasinya, investasi properti adalah investasi yang cukup fleksibel, karena dapat menjadi investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. Jadi, Anda pun bisa menentukan jangka waktu investasinya sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan Investasi Properti

Sebelum berinvestasi dalam bidang properti, sebaiknya kita mengenal terlebih dulu keunggulan yang bisa kita dapatkan dari jenis investasi ini. Berikut beberapa keuntungan dari investasi properti

1. Harga properti yang terus meningkat

2. Memiliki capital gain yang cukup besar

3. Investasi jangka Panjang

4. Investasi bisa dilihat secara fisik

5. Bisa menjadi agunan saat mengajukan pinjaman

6. Dapat dijual di masa depan

7. Dapat disewakan

8. Potensi arus kas rutin

9. Bisa menggunakan modal pihak lain

10. Adanya kontrol sebagai pemilik property

Itu tadi beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan kepada kamu semua mengenai investasi dibidang properti. Seperti yang sudah kami bahas di atas tadi bahwa investasi properti ternyata memberikan banyak keuntungan, modalnya memang besar namun kamu juga bisa merasakan keuntungan yang besar juga. So, mulai sekarang tidak usah takut jika ingin melakukan investasi properti ya karena banyak keuntungan dan minim rugi. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat ya!

Hubungi Kami