background

Detail Artikel

GEDUNG HK TOWER PT HUTAMA KARYA (PERSERO) RAIH SERTIFIKAT GREEN BUILDING

GEDUNG PT HUTAMA KARYA (PERSERO) RAIH SERTIFIKAT GREEN BUILDING

 

 

HK Tower merupakan Gedung Perkantoran milik PT Hutama Karya (Persero) dengan 17 lantai yang rampung konstruksinya pada tahun 2019 ini menerapkan operasionalisasi gedung berbasis hijau.Tolak ukurnya menggunakan GREENSHIP Existing Building 1.2 yang berasal dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Semenjak menerapkan konsep tersebut, HK Tower berhasil menghemat penggunaan listrik sampai 40.9 % yang didalamnya termasuk AC dengan penghematan dari resistensi termal kaca dan sistem AC dengan chiller khusus energi yang terbaharukan dari solar sell sehingga didapat 5% pengehematan dari standar yang disyaratkan 3% atau OTTV dicapai sbesar 33.65 dari syarat maksimal 45 % dengan arti penghematan energi keseluruhan HK Tower adalah 27,11%.

 

HK Tower yang dikelola oleh salah satu anak usahanya dibidang properti yaitu PT HK Realtindo, merupakan gedung ke 2 diantara Gedung BUMN yang meraih sertifikat “Greenship EB Platinum” atau gedung ramah lingkungan dalam kategori yang paling prestisius. Sertifikat ramah lingkungan ini diberikan pada Januari 2021 lalu oleh Green Building Council Indonesia dan berlaku hingga tahun 2024.

 

Siklus sumber daya material, kenyamanan dan kesehatan serta pengelolaan lingkungan gedung, hingga pengelolaan sampah secara efisien diterapkan untuk meningkatkan kenyamanan bangunan, menciptakan nilai lebih bagi para stakeholdersnya, sampai mendukung terbentuknya ekosistem lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, sistem kelistrikan dan konsumsi air juga dikelola secara optimal salah satunya air hujan, tidak ada limpahan keluar atau zero run off sehingga semua air dikelola untuk penggunaan internal kantor dan dimasukkan ke dalam reservoir alami tanah. Artinya tidak ada air yg dibuang peecuma dan berpotensi menimbulkan banjir di lingkungan kota.

 

Implementasi  kaidah  bangunan  hijau  (yang  menghemat  energi,  air,  lahan,  material  serta menjaga  kesehatan  udara  dalam  ruangan  dan  mengelola  lingkungan  secara  bijak)  diyakini akan  memberikan  kontribusi  nyata  pada  keberlanjutan  kota. Kecuali  dampak  positif  pada fisik dan lingkungan perkotaan, penerapan bangunan hijau juga membumikan prinsip hemat untuk diterapkan oleh para pemilik, penghuni dan pengguna bangunan.

Tags:
Hubungi Kami