events

Rayakan Hari Jadi Ke-56 Tahun, HK Hijaukan Banjir Kanal Timur

Posted on 29 March 2017

Jakarta (25/03) – PT. Hutama Karya (Persero) atau HK, salah satu BUMN infrastruktur terkemuka di Indonesia, tengah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-56. Sebagai salah satu rangkaian programnya, pagi ini, Sabtu (25/03), HK mengadakan kegiatan penanaman pohon di Banjir Kanal Timur bagian utara tepatnya di Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing Kodya Jakarta Utara. “Program penghijauan di Banjir Kanal Timur ini sudah kami laksanakan sejak tahun lalu di Cakung Jakarta Timur. Acara hari ini di Cilincing Jakarta Utara adalah lanjutannya,” terang Suroto, Direktur Wilayah Barat HK dalam sambutannya. Suroto juga menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan ini tidak hanya dilaksanakan di Jakarta, tetapi diselenggarakan di seluruh wilayah kerja HK di Indonesia. “Kami sudah tugaskan seluruh kantor Wilayah dan proyek HK di Indonesia agar menyelenggarakan kegiatan yang sama. Masih berjalan hingga beberapa hari ke depan, target kami menanam 5.600 bibit pohon di seluruh Indonesia, sesuai dengan usia kami di tahun ini yaitu 56 tahun,” paparnya. Lebih lanjut, Suroto mengungkapkan bahwa program penghijauan ini merupakan salah satu dari program induk Kementerian BUMN yang bertajuk “BUMN Hadir Untuk Negeri”. “Sebagai salah satu ungkapan rasa syukur perusahaan, merupakan kebanggan tersendiri bagi kami untuk dapat berkontribusi positif kepada lingkungan sekitar, yang mana hal ini juga merupakan pengejewantahan nyata atas arahan Kementerian BUMN, dalam bentuk program BUMN Hadir Untuk Negeri,” kata Suroto.

Program penghijauan HK ini juga mendapat sambutan baik dari Pemerintah Daerah yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Kehutanan, Pertamanan & Pemakaman, Uus Kuswanto. “Kami mewakili Dinas Kehutanan, Pertamanan & Pemakaman Pemprov DKI sangat berterima kasih serta menyambut baik program penghijauan dari Hutama Karya ini, apalagi mengingat kebutuhan RTH di Jakarta masih cukup jauh dari target,” ungkap Uus dalam sambutannya. Uus menyampaikan bahwa Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Provinsi DKI ditargetkan 30%, namun sampai saat ini baru tercapai 7%. “Program-program dari HK sungguh membantu kami, untuk itu kami berharap program ini dapat terus berlanjut ke wilayah DKI lainnya,” pungkasnya.

Selain kegiatan Penghijauan, BUMN yg mendapatkan penugasan dari Pemerintah untuk mengembangkan Jalan Tol Trans-Sumatera ini juga mengadakan kegiatan tanggung-jawab sosial perusahaan lain yang diselenggarakan serentak di seluruh wilayah kerja HK seperti donor darah, dan program bakti sosial lainnya.